KOMPAS.com
– Apabila Anda tertarik untuk menekuni karier di industri asuransi,
Anda dituntut untuk memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Karena
umumnya, kesuksesan seorang agen asuransi bergantung pada
kepiawaiannya menyampaikan personal leverage kepada
klien atau calon klien. Berikut beberapa contekan mengenai
kualifikasi dasar, yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi agen asuransi
terbaik.
Memprioritaskan kebutuhan klien
Banyak
agen yang mengejar penjualan karena semata mengincar komisi yang
‘padat’ di akhir bulan. Tetapi, saat klien mengeluh atau bertanya hal
yang yang berkaitan dengan produk yang ia beli, agen tersebut langsung
pasang sikap acuh tak acuh. Nah, tipe agen yang seperti ini, dipastikan
tidak akan bertahan lama dalam industri asuransi. Mengapa ? Karena
kepercayaan klien itu bersifat rapuh, apalagi kini bisnis asuransi kian
kompetitif. Jadi, ketika klien tidak mendapatkan apa yang telah
dijanjikan, mereka tidak sungkan untuk beralih ke produk asuransi yang
lain.
Layanan pelanggan yang unggul
Agen yang berpotensi meraih sukses adalah mereka yang memenuhi
janjinya pada klien. Salah satunya dengan memberikan respon yang cepat
saat klien membutuhkan. Apabila terdapat beberapa hal yang diinginkan
oleh klien, namun tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan, maka agen
tersebut harus mampu meredam amarah klien dengan mengutarakan
alasan-alasan yang masuk akal.
Agen yang dapat bertahan dan memperoleh sukses adalah mereka yang
memenuhi janjinya kepada klien. Salah satu keluhan utama dari klien,
nasabah dan pemegang polis asuransi adalah saat tidak ada seorang pun
dari pihak perusahaan yang bisa dihubungi untuk menjawab pertanyaan
mereka. Jadi pastikan Anda memiliki banyak waktu untuk klien, meskipun
apa yang mereka tanyakan hanyalah isu sederhana sekalipun.
Kecerdasan emosional
Jadilah pendengar yang baik dan tulus dalam berempati pada kebutuhan
klien. Kemampuan mencerna dan memahami keinginan klien menjadi ‘kunci’
yang akan mengantarkan karier Anda melesat ke posisi yang lebih tinggi.
Selain itu, saat menghadapi keluhan klien, pastikan Anda dalam posisi
yang memihak mereka.
Sumber : http://female.kompas.com/read/
0 komentar:
Posting Komentar